Nasional

Teknologi Digital Tulang Punggung Pemulihan Pascapandemi

INDOPOSCO.ID – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melihat teknologi digital merupakan tulang punggung penanggulangan pandemi dan pemulihan pascapandemi di Indonesia.

“Pandemi telah mendorong negara-negara untuk bekerja lebih keras dan lebih baik dalam mempercepat agenda transformasi digital. Sektor digital juga menjadi enabler bagi sektor bisnis untuk bertahan selama krisis. Sementara teknologi digital menjadi tulang punggung penanggulangan dan pemulihan dari pandemi Covid-19 di Indonesia,” kata Sekretaris Jenderal Kominfo, Mira Tayyiba, saat pertemuan virtual ITU Digital World 2021 Ministerial Roundtable Digitalizing Daily Life: Government Services and Content Driving Digital Transformation, dalam siaran pers, dikutip Sabtu (16/10).

Sejak awal pandemi, sektor digital tumbuh positif, mencapai 10,58 persen secara year-on-year pada 2020. Sementara itu, pertumbuhan kumulatif sektor digital sebesar 7,78 persen pada semester I 2021.

Pemerintah melakukan tiga langkah untuk mengoptimalkan teknologi digital dalam penanganan dan pemulihan pandemi Covid-19, yaitu mengurangi kesenjangan digital, mempercepat transformasi digital dan meningkatkan kebijakan publik tentang digitalisasi.

Dalam mengatasi kesenjangan digital, Kominfo fokus pada peningkatan konektivitas, kapabilitas dan kapasitas.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button