Nasional

Berkat PON, Pertumbuhan Ekonomi Papua Naik 1,5 Persen

INDOPOSCO.ID – Perkembangan ekonomi di Papua diperkirakan bertambah sampai 1,5 persen berkah penajaan Minggu Berolahraga Nasional (PON) XX Papua.

Asisten Aspek Perekonomian dan Keselamatan Orang Setda Provinsi Papua, Muhammad Musaad, berkata peningkatan itu pula didorong oleh beberapa demonstrasi yang diselenggarakan, tercantum Pergelaran PON Kopi Papua yang diselenggarakan di kota Jayapura.
“Perkiraan dari bank Indonesia bahwa efek PON ini akan berefek pada pertumbuhan kita pertumbuhan Papua yang bisa tumbuh 1 sampai 1,5 persen. Itu artinya ada efek nyata dari ini,” ucap Musaad ditemui di arena selam laut, Teluk Yos Sudarso Jayapura, Selasa.

“Bisa bayangkan dengan adanya lebih dari 7000-an orang yang hadir di Papua berarti ada peredaran uang yang terjadi di sini, dan pemerintah sendiri dalam rangka PON juga memanfaatkan ini sebagai momen juga untuk membantu UMKM,” lanjut ia

Lebih lanjut, Musaad berkata pemerintah pula sudah menolong sarana untuk UMKM untuk mendesak upaya mereka, di antara lain dengan menyediakan gerobak dan meja yang bisa bermanfaat apalagi kala PON berakhir.

Tidak cuma itu, bagi Musaad, pemerintah pula sudah bekerja serupa dengan Bank Indonesia dengan Bank Papua untuk membagikan kredit lunak Rp10 juta per UMKM, tanpa bunga sebab bunga hendak dijamin oleh pemerintah.
“Ini semua dalam rangka PON, jadi kita simultan raih prestasi olahraganya, tapi juga di ekonominya kita kembangkan juga dengan memberikan treatment-treatment khusus dalam rangka PON,” ujar Musaad.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button