Nasional

Diantar Ojol, ICW Bersurat ke Jokowi Soal Keprihatinan Pemberantasan Korupsi

INDOPOSCO.ID – Keprihatinan terhadap kondisi pemberantasan korupsi di Tanah Air, membuat Indonesia Corruption Watch (ICW) mengirimkam Surat terbuka kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

ICW mengingatkan tanggung jawab Jokowi terhadap nasib pemberantasan korupsi di Indonesia. Terlebih adanya polemik tes wawasan kebangsaan (TWK) pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Kami selaku kelompok masyarakat sipil antikorupsi merasa sangat prihatin atas situasi terakhir, yang terjadi di Komisi Pemberantasan Korupsi dan situasi pemberantasan korupsi di Indonesia,” kata Koordinator ICW, Adnan Topan Husodo dalam keterangannya, Jakarta, Selasa (28/9/2021).

ICW memandang pemberantasan korupsi saat ini mengalami ketidakpastian hingga kemunduran. Itu ditandai memburuknya Indeks Persepsi Korupsi (IPK) pada 2020.

“Dan menjadikan Indonesia kembali sebagai negara yang dianggap sangat korup,” sesal Adnan.

KPK yang selama ini menjadi lembaga yang disegani, kini sedang terpuruk. Berdasarkan hasil Indikator Politik Indonesia pada pekan kemarin menyebut, tingkat kepercayaan publik merosot.

“Gonjang-ganjing KPK dan pemberantasan korupsi di Indonesia terjadi karena Presiden gagal untuk bersikap tegas dan keras terhadap siapapun yang menganggu upaya pemberantasan korupsi,” ujar Adnan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button