Nasional

Dorong Pemakaian Alat Kontrasepsi pada Masyarakat, Ini Cara-Cara BKKBN

INDOPOSCO.ID – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) telah melakukan sejumlah cara untuk meningkatkan pemakaian alat kontrasepsi pada masyarakat.

“Sangat penting maknanya keberhasilan Keluarga Berencana (KB) didukung dengan penggunaan kontrasepsi. Itu perlu dilakukan pembinaan terhadap peserta aktif KB agar tidak terjadi putus pakai bahkan kita berupaya untuk meningkatkan capaian modern contraceptive rate” kata Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BKKBN Eni Gustina dalam acara Pencanangan Kegiatan Pelayanan KB dan Kesehatan Reproduksi Bersama Mitra Kerja Tahun 2021 yang diikuti melalui Youtube BKKBN Official di Jakarta, Senin (27/9/2021).

Selain untuk meningkatkan pemakaian alat kontrasepsi, dia mengatakan langkah-langkah tersebut dilakukan untuk terus menjaga kesinambungan pelayanan penggunaan kontrasepsi pada masyarakat di masa pandemi Covid-19

Eni menyebutkan, langkah pertama yang dilakukan untuk meningkatkan pemakaian alat kontrasepsi, yakni dengan memberikan dukungan dana biaya operasional program Keluarga Berencana (KB), yang diberikan langsung kepada dinas kesehatan kabupaten atau kota.

“Biaya ini kita berikan langsung kepada dinas kabupaten kota dengan harapan akan lebih cepat serta lebih mudah mekanisme kerjanya. Kegiatan ini ditujukan untuk mendukung kegiatan kontrasepsi jangka panjang khususnya,” ujar dia.

Biaya tersebut akan digunakan untuk biaya pendistribusian alat kontrasepsi, biaya penggerakan serta visitasi fasilitas kesehatan yang memberikan pelayanan.

Pihaknya juga sedang melangsungkan Gerakan Rumah Sakit Layanan Keluarga Berencana (Gema Kencana) di setiap rumah sakit untuk dapat membantu masyarakat mengakses edukasi dan layanan program KB.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button