Nasional

Antisipasi Malaria Idap Peserta PON Papua, Pemerintah Lakukan Ini

INDOPOSCO.ID – Pengendalian penyakit malaria di sejumlah daerah penyelenggara Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua dilakukan lewat pengasapan atau “fogging”, kata Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

“Dalam dua pekan terakhir ini Kemenkes bekerja sama dengan Dinkes Papua sudah melakukan ‘fogging’ ke seluruh venue tempat pertandingan PON dan juga tempat tinggalnya atlet untuk memastikan bahwa bersih dari vektor dari nyamuk yang bisa menularkan malaria,” kata Budi Gunadi Sadikin saat menyampaikan keterangan pers secara virtual yang diikuti melalui YouTube Kemenko PMK di Jakarta, Senin (27/9/2021) siang.

Sementara itu, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kemenkes Didik Budijanto mengatakan Provinsi Papua hingga saat ini masih berstatus sebagai endemi tinggi penyakit malaria yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Anopheles betina pembawa parasit Plasmodium.

“Sebanyak 86 persen dari total kasus malaria di Indonesia disumbang dari Provinsi Papua, sisanya berasal dari Papua Barat dan Maluku,” katanya.

Menurut dia Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke dan Timika masuk dalam zona merah malaria sehingga perlu dilakukan langkah antisipasi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button