Nasional

BPJS Kesehatan Uji Coba Sistem Global Budget

INDOPOSCO.ID – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mengujicobakan empat rumah sakit yang berada di wilayah Kabupaten Klungkung, Bali, ke dalam sistem global budget.

Direktur Perencanaan, Pengembangan dan Manajemen Risiko BPJS Kesehatan, Mahlil Ruby, dalam penjelasan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (25/9/2021), mengatakan sistem global budget itu dilakukan untuk mencari pemecahan atas tantangan penyeimbang antara mutu dan biaya pelayanan Kesehatan.

Mahlil menerangkan global budget itu merupakan salah satu sistem pembayaran rumah sakit berdasarkan pada beberapa besaran perhitungan atau biaya dari hasil perundingan yang sudah disetujui oleh kedua belah pihak, untuk jangka waktu tertentu dengan memikirkan jumlah pelayanan dalam kurun waktu 3 tahun tadinya, konsep yang akan dilakukan dan kinerja dari rumah sakit tersebut.

Tidak hanya membagikan kejelasan perhitungan, sistem global budget itu membagikan fleksibilitas untuk rumah sakit dalam melakukan pengeloaan dan restrukturisasi perhitungan cocok dengan prioritas keinginan serta kebebasan dalam improvisasi pemanfaatan biaya pelayanan kesehatan untuk meningkatkan mutu layanan medis untuk para peserta JKN.

“Apresiasi setinggi-tingginya saya sampaikan kepada Bupati Klungkung beserta seluruh jajaran di Pemerintah Kabupaten Klungkung dan pihak rumah sakit atas komitmennya untuk menjadi kabupaten uji coba global budget,” tambah Mahlil seperti dikutip Antara, Sabtu (25/9/2021).

Mahlil menambahkan sistem tersebut merupakan salah satu wujud pengembangan sistem pembayaran pada rumah sakit yang senantiasa merujuk pada INA CBGs. Percobaan tersebut sudah dilakukan di 70 rumah sakit yang tersebar di 13 kabupaten dan kotamadya tercantum 4 antara lain di Kabupaten Klungkung. Kabupaten Klungkung menjadi salah satunya sebab mempunyai kesiapan dan komitmen yang luar biasa terhadap Program JKN- KIS.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button