Nasional

871.650 Dosis Vaksin Pfizer dari AS Tiba di Indonesia

INDOPOSCO.ID – Sebesar 871.850 dosis vaksin Pfizer dari Amerika Serikat (AS) datang di Bandara Soekarno-Hatta pada Kamis dan merupakan kiriman terakhir donasi vaksin Covid-19 dari AS untuk Indonesia.

Kedutaan Besar (Kedubes) AS di Jakarta dalam penjelasan tertulisnya melaporkan total donasi vaksin AS untuk Indonesia mencapai 8 juta dosis vaksin Moderna dan 4, 6 juta dosis vaksin Pfizer.

“Sejak awal pandemi, pemerintah AS telah berkomitmen lebih dari 77 juta dolar (sekitar Rp1 triliun) untuk mendukung bantuan tanggap Covid-19 di Indonesia,” ucap Kedubes AS, seperti dikutip Antara

AS bekerja sama dengan Indonesia untuk memesatkan deteksi dan pelacakan kasus Covid-19, meningkatkan laboratorium, pengawasan penyakit, dan kapasitas jawaban cepat, serta memastikan lebih banyak orang ketahui apa yang harus dilakukan untuk melindungi diri mereka sendiri dan orang lain.

Sejak Maret 2020, dukungan AS telah menjangkau 165 juta orang di Indonesia atau mencakup 60 persen dari populasi negara.

AS membantu sekitar 43 ribu tenaga kesehatan garis depan dan memperkuat lebih dari 1.300 rumah sakit dan klinik di Indonesia.

Pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Global Covid-19 yang diselenggarakan secara virtual pada Rabu (22/9), Presiden Joe Biden mengumumkan, AS akan menyumbangkan tambahan 500 juta dosis vaksin Pfizer-BioNTech ke negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah di seluruh dunia. Pengirimannya diawali pada Januari 2022.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button