Nasional

Pengamat Katakan Meski Gaji Selangit, Tak Semua Masuk Kantong Anggota DPR

INDOPOSCO.ID – Beberapa hari terakhir masyarakat ramai perbincangkan dugaan suap Wakil Ketua DPR Fraksi Golkar Azis Syamsuddin pada kasus Wali Kota Tanjungbalai.

Hari ini, masyarakat dikejutkan kabar penetapan tersangka Anggota DPR RI Fraksi Golkar yang juga mantan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) atas dugaan korupsi pembelian gas bumi 2010-2019.

“Sistem di parlemen mempengaruhi mereka bertindak korup. Apalagi tertutupnya akses dan pendapatan mereka, sehingga anggota DPR leluasa melakukan lobi politik dan swasta,” kata Pengamat Politik Dedi Kurnia Syah melalui gawai, Kamis (16/9/2021).

Hingga saat ini, dikatakan dia, DPR menjadi lembaga paling korup. Para wakil rakyat ini menjadi ahli lobi dan ini kemudian dimanfaatkan oleh swasta untuk mempengaruhi keputusan terkait kepentingannya.

“Penghasilan sebesar apapun akan dianggap kecil oleh anggota DPR, karena mereka harus membiayai proses loyalitas kepada partai dan kelompok tim sukses di daerah pilihan (Dapil) masing-masing,” ungkapnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button