Nasional

Penindakan Bukti Keseriusan Bea Cukai Gempur Rokok Ilegal

INDOPOSCO.ID – Bea Cukai di bawah payung operasi bernama Gempur Rokok Ilegal semakin menggaungkan keseriusannya memberantas rokok ilegal yang ada di masyarakat dengan melakukan penindakan di berbagai daerah pengawasan. Bersinergi dengan aparat penegak hukum lainnya juga menambah rentetan keberhasilan Bea Cukai dalam menindak berbagai modus yang digunakan pelaku.

Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Tubagus Firman Hermansjah, mengatakan dalam pelaksanaanya, Gempur Rokok Ilegal tidak hanya melulu sebatas sosialisasi akan rokok ilegal. Salah satu gaung utama yang Bea Cukai upayakan adalah penindakan rokok ilegal itu sendiri.

“Berbagai upaya telah kita lakukan dalam menegakkan Gempur Rokok Ilegal di tahun ini. Mulai dari penindakan berbasis informasi intelijen, informasi masyarakat, modus pengiriman hingga pabrik rokok ilegal,” ungkap Firman.

Diawali dari sisi timur pulau Jawa, Bea Cukai Malang, Bea Cukai Gresik dan Kanwil Bea Cukai Jawa Timur I mencatatkan penindakan-penindakan selama operasi Gempur Rokok Ilegal ini berlangsung. Pada awal bulan September, Bea Cukai Malang bersama Satpol PP Kab Malang melakukan operasi gabungan dan mendapat informasi intelijen akan adanya toko yang menjual rokok ilegal.

Tim pun melakukan penyisiran di Pasar Kanigoro, Kec Pagelaran. Dari hasil pemeriksaan, didapati beberapa toko yang kedapatan menjual dan menyimpan untuk dijual rokok ilegal. Sebanyak 37.972 batang rokok ilegal diamankan petugas kala itu. Tim pun melanjutkan penindakan kepada sebuah bangunan yang menjadi rumah produksi rokok ilegal. Sebanyak 572.700 rokok ilegal berhasil petugas amankan di penindakan kedua ini.

Serupa dengan yang dilakukan di Malang, bermodalkan informasi intelijen, Kanwil Bea Cukai Jatim I mendapat informasi bahwa akan ada pengiriman rokok ilegal ke pulau Sumatera yang berada di wilayah pengawasan Kanwil Bea Cukai Jatim I. Setelah dilakukan pendalaman informasi, petugas Bea Cukai kemudian langsung melakukan pemeriksaan di pool bus Kab Sidoarjo.

Pada penindakan tersebut, petugas Kanwil Bea Cukai Jawa Timur I berhasil amankan 22 karton berisi 384.000 batang rokok ilegal berbagai merk tanpa dilekati pita cukai. Tidak berbeda jauh dengan yang dilakukan di Lamongan beberapa waktu lalu dimana Bea Cukai Gresik menindak sebanyak 381.880 batang rokok ilegal yang coba disembunyikan oleh pelaku.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button