Nasional

Ini Alasan PPKM Dilakukan Bertahap

INDOPOSCO.ID – Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (Satgas) Sonny Harry B. Harmadi mengatakan, sejumlah indikator yang menjadi alasan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang terus dilakukan secara bertahap oleh pemerintah.

“Yang paling penting memang bagaimana melihat dinamika yang terjadi di lapangan, dalam penanganan Covid-19 itu sendiri,” tutur Sonny saat diwawancara Antara melalui telepon di Jakarta, Senin (30/8).

Dalam pemberitaan yang disiarkan Selasa (31/8), dia menjelaskan beberapa indikator di lapangan yang menjadi bahan pertimbangan perpanjangan masa PPKM antara lain laju penularan kasus di setiap daerah, respons dari penanganan layanan kesehatan serta juga kondisi sosial ekonomi masyarakat.

“Jadi kita lihat apakah positivity rate nya naik atau turun, terus kemudian respons dari pelayanan kesehatan kita apakah Bed Ocuppancy Ratio (BOR) nya turun, itu diamati dalam satu minggu,” jelas dia, Selasa (31/8).

Pemantauan perkembangan indikator- indikator tersebut, dilakukan pihaknya melalui evaluasi setiap satu minggu, untuk menentukan apakah PPKM suatu wilayah perlu diperpanjang dan memberikan tingkatan level pandemi di wilayah itu sendiri atau tidak.

“Jadi (evaluasi) mingguan itu dilakukan, karena dinamika dari penanganan Covid-19 ini memang sangat dinamis,” tutur Sonny saat menjelaskan mengapa evaluasi perlu dilakukan setiap satu minggu.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button