Nasional

Pelatihan Vokasional Kemenkop UKM Sasar Pelaku UKM Binaan Koperasi Pakuwojo

INDOPOSCO.ID – Di masa pandemi banyak pelaku usaha kecil menengah terdampak, tidak sedikit mereka gulung tikar. Untuk meningkatkan kualitas dan produksi, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) memberikan pelatihan vokasional.

Deputi Bidang Usaha Mikro, Kementerian Koperasi dan UKM Hariyanto mengatakan, pelatihan vokasional sangat penting untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas pelaku UKM. Koperasi Pakuwojo Mandiri, menurutnya, memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan seperti kuliner dawet ireng dan kupat tahu.

“Kita melihat UKM dawet ireng ini sangat diminati oleh masyarakat. Ini harus dijaga dengan salah satunya menjaga kualitas dan cita rasanya,” ujar Hariyanto di Jakarta, Senin (23/8/2021)

Untuk menghasilkan cita rasa yang baik, menurut dia, salah satu upaya yang harus dilakukan adalah menyimpan bahan baku dengan baik. Kemudian menyiapkan bahan baku yang khusus digunakan untuk makanan.

“Gunakan bahan makanan yang memang digunakan untuk makanan dan cara penyajian. Ini masalah sepele, tapi harus diperhatikan pelaku UKM,” katanya.

Ketua Koperasi Pakuwojo (Perkumpulan Keluarga Besar Purworejo) Mandiri Zainal Arifin menyambut baik pelatihan vokasional yang diberikan Kementerian Koperasi dan UKM. Sebab, pelaku UKM khususnya makanan khas Purworejo di Jakarta kian menjamur di Bogor, Bekasi, Depok, Banten dan DKI Jakarta.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button