Nasional

Kemenkes Sebut Dosis Ketiga Vaksin Hanya untuk Nakes

INDOPOSCO.ID – Juru bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, dr. Siti Nadia Tarmizi kembali menegaskan bahwa dosis ketiga vaksin (booster) hanya untuk para tenaga kesehatan (nakes) sesuai dengan anjuran Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

“Masyarakat tidak mendapatkan dosis ketiga (vaksin),” tegas dr. Nadia dalam konferensi pers daring seperti dikutip Antara, Senin (23/8/2021).

Lebih lanjut, dokter. Nadia mengatakan vaksin Moderna yang menjadi booster untuk para tenaga kesehatan kini juga bisa diberikan kepada masyarakat. “Vaksin diberikan hanya untuk dosis pertama dan kedua. Dilarang untuk memberikan dosis ketiga bagi masyarakat umum selain untuk SDM kesehatan yang memberikan pelayanan langsung di fasilitas kesehatan,” kata dia.

Berita Terkait

Ada pun vaksin dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan dua dosis sekaligus dengan memperhatikan sejumlah hal. Pertama, vaksin berisi suspensi beku dengan satu vial berisi maksimal 15 dosis (IP=14). Kedua, diberikan kepada mereka yang berusia 18 ke atas sebanyak dua dosis (@0,5 ml) secara intramuskular dengan interval pemberian empat minggu dari dosis pertama.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button