Nasional

Kementan: Petani dan Penyuluh Antusias Ikuti Pelatihan Gelombang Ketujuh

INDOPOSCO.ID – Hari-hari ini petani dan penyuluh kian antusias mengikuti Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh seperti Gelombang ke-7, Selasa (10/8/2021), yang dikoordinir Balai Besar Pelatihan Pertanian Batu (BBPP Batu) di Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim) dalam upaya penguatan kapasitas dan kompetensi sumberdaya manusia (SDM) pertanian mendukung peningkatan produktivitas pertanian.

Hal itu sejalan dengan arahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) agar petani sebagai pelaku utama pertanian dapat memanfaatkan teknologi modern didampingi penyuluh sebagai garda terdepan pembangunan pertanian.

“Kita harus membangun kemandirian pangan untuk kesejahteraan petani. Apresiasi bagi Kementerian Pertanian dalam upayanya membangun SDM pertanian,” kata Presiden Jokowi di Bogor, Jawa Barat (Jabar) saat membuka pelatihan secara daring yang dihadiri Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo dan Kepala Badan Pengembangan dan Penyuluhan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi di PPMKP Ciawi, Jumat (6/8/2021).

Presiden Jokowi mengajak petani dan kelompok tani (poktan) menggarap sektor pertanian dari hulu hingga hilir sehingga dapat menguasai tahapan budidaya hingga pascapanen yang mencakup pengolahan dan pemasaran.

Mentan RI Syahrul Yasin Limpo menegaskan hal serupa bahwa alam Indonesia sangat melimpah dan harus bisa dimanfaatkan dengan baik.

Diinformasikan, pelatihan petani dan penyuluh gelombang ketujuh dibuka pukul 08.00 WIB, diawali seruan Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi tentang kesuburan tanah dan manfaat pemupukan berimbang.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button