Nasional

Pelaksanaan “Analog Switch Off” Ditunda

INDOPOSCO.ID – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) akan menjadwal ulang penghentian siaran televisi terestrial analog, analog switch off (ASO). Direncanakan analog switch off ini akan dilakukan secara bertahap hingga 2 November 2022. Rencana awalnya penghentian siaran analog akan dilakukan paling lambat 17 Agustus 2021.

“Rencana penghentian siaran televisi analog (analog switch off/ASO) tahap pertama sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 6 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Penyiaran, (PM Kominfo 6/2021) yang semula dilaksanakan tanggal 17 Agustus 2021 akan dijadwalkan ulang bersama dengan tahapan-tahapan ASO berikutnya,” kata Kominfo dalam keterangan pers seperti dikutip Antara, Senin (9/8/2021).

Dalam keterangan pers itu dikatakan bahwa penjadwalan ulang analog switch off dilakukan karena pemerintah dan seluruh elemen masyarakat tengah fokus menangani pandemi Covid 19 dan adanya masukan dari publik. Perubahan jadwal juga terjadi akibat belum rampungnya kesiapan teknis pemangku kepentingan untuk migrasi dari siaran televisi terestrial analog ke digital.

“Perubahan ketentuan terkait jadwal pelaksanaan ASO akan dituangkan dalam perubahan PM Kominfo 6/2021 yang akan diumumkan kemudian,” kata Kominfo.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button