Nasional

Wamenag: Harmoko Sosok Fenomenal dengan Keputusan yang Spektakuler

INDOPOSCO.ID – Ada dua peristiwa penting yang menjadi pengalaman saat bersama Harmoko semasa hidup. Pernyataan tersebut diungkapkan Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi dalam keterangan, Senin (5/7/2021).

Peristiwa tersebut, lanjut dia, ketika Harmoko hadir pada acara Kongres Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (NU) ke-IX di Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang Jawa Timur pada 1988.

”Saya saat itu menjadi salah seorang peserta kongres mewakili utusan IPNU DKI Jakarta. Dan terpilih menjadi Ketua Umum Pimpinan Pusat IPNU periode 1988 –1993,” bebernya.

Kemudian, kata dia, peristiwa selanjutnya saat Harmoko menjadi Ketua DPR/MPR RI pada masa pemerintahan Presiden Soeharto dan B.J. Habibie pada 1997–1999. Banyak agenda kenegaraan yang sangat penting dan monumental pada periode tersebut, di antaranya berhentinya Soeharto sebagai Presiden RI yang sudah berkuasa selama 32 tahun.

”Mundurnya Presiden Soeharto tidak lepas dari peran Pak Harmoko yang saat itu menjabat sebagai Ketua DPR/MPR RI meminta kepada Presiden Soeharto untuk mengundurkan diri,” katanya.

”Pada saat itu saya menjadi Anggota DPR/MPR RI dari Fraksi PPP, sehingga saya mengikuti peristiwa detik-detik lahirnya era baru yang disebut Era Reformasi,” imbuh Zainut.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button