Nasional

Kementerian ATR/BPN Raih Opini WTP Delapan Kali Berturut-turut dari BPK

INDOPOSCO.ID – Kementerian Agraria dan Tara Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) telah menerima hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Kementerian ATR/BPN Tahun 2020 dengan predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Capaian ini merupakan kali kedelapan bagi Kementerian ATR/BPN yang berhasil mempertahankan opini WTP untuk Tahun Anggaran 2020. Di mana jumlah tersebut diperoleh secara berturut-turut sejak tahun 2013. WTP sendiri merupakan opini audit tertinggi dari BPK terkait pengelolaan anggaran di kementerian atau lembaga negara. Opini ini diterbitkan jika laporan keuangan dianggap telah sesuai dengan akuntansi yang berlaku umum dengan baik dan bebas dari salah saji material.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo berpesan bahwa predikat WTP bukanlah tujuan akhir.

“Predikat WTP ini bukan akhir, kita ingin mempergunakan uang rakyat dengan sebaik-baiknya, dikelola dengan transparan dan akuntabel. Kualitas belanja semakin baik, makin tepat sasaran, memastikan setiap rupiah yang dibelanjakan betul-betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, oleh rakyat,” ujar Presiden RI, Joko Widodo saat Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas LHP LKPP Tahun 2020 dan IHPS II Tahun 2020 serta Penyerahan LHP Semester II Tahun 2020, melalui video conference, Jumat (25/06/2021).

Menanggapi capaian tersebut, Inspektur Jenderal Kementerian ATR/BPN, Sunraizal mengatakan setelah mendapatkan opini WTP diperlukan peningkatan kualitas dari laporan keuangan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button