Nasional

Kemenparekraf Tutup Program Beli Kreatif Danau Toba

INDOPOSCO.ID – Setelah berjalan tiga bulan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) resmi menutup program Beli Kreatif Danau Toba (BKDT).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Minggu, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak (stakeholder) yang terlibat atas segala bantuan dan kerja sama yang terjalin, sehingga program BKDT dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat bagi para pelaku kreatif.

“Kami berterima kasih kepada Kementerian Keuangan (Dirjen Bea dan Cukai, Dirjen Pajak dan PKN STAN) serta BUMN (PT.ASDP Indonesia Ferry (Persero) dan PT Pos Indonesia) yang sudah menjadi satu kesatuan dalam memberikan kontribusi terhadap kenaikan omzet para peserta hingga mencapai rata-rata lebih dari 100 persen per bulan,” ujar Sandiaga.

Program Beli Kreatif Danau Toba adalah program yang diluncurkan Kemenparekraf sebagai bagian dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) pada 2021, dengan tujuan mendorong UMKM di salah satu Destinasi Super Prioritas yaitu Danau Toba, Provinsi Sumatera Utara agar dapat bangkit di masa pandemi ini. Program ini diikuti oleh 200 pelaku kreatif subsektor kuliner, kriya, dan fesyen dari wilayah kabupaten/kota di seputar Danau Toba dan Sumatera Utara.

Sandiaga menjelaskan bahwa program Beli Kreatif Danau Toba telah memunculkan dampak yang positif yaitu meningkatnya 3 kali lipat jumlah tenaga kerja.

“Jumlah tenaga kerja setelah adanya program Beli Kreatif Danau Toba ini juga meningkat hampir 3 kali lipat pekerja sebelumnya atau mencapai 801 pekerja, jumlah tersebut belum termasuk penambahan reseller mencapai total 3.220 reseller,” kata Sandiaga.

Selain itu, program Beli Kreatif Danau Toba juga telah memfasilitasi para peserta dengan promosi secara terintegrasi melalui “own media” dan “paid media”, serta fasilitas gratis ongkir pengiriman ke semua tujuan baik di Indonesia maupun luar negeri.

Sementara itu, Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Yuana Rochma Astuti, menjelaskan dengan adanya program Beli Kreatif Danau Toba, total omzet peserta selama 3 bulan mencapai Rp22,72 miliar dengan rata-rata omzet per bulan sebesar Rp7,57 miliar atau naik sebesar 102 persen dari omzet sebelum pendampingan program Beli Kreatif Danau Toba yaitu Rp3,75 miliar per bulan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button