Nasional

Menperin Dukung AGII Genjot Pasokan Oksigen Bagi Medis

INDOPOSCO.ID – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendukung komitmen para pelaku industri untuk berkontribusi pada penanganan Covid-19 di tanah air. Salah satunya adalah upaya Asosiasi Gas Industri Indonesia (AGII) untuk menyuplai gas oksigen medis di rumah sakit yang menangani pasien Covid-19. Melalui langkah tersebut diharapkan kebutuhan oksigen medis dapat terpenuhi.

“Kemenperin sudah membahas dengan asosiasi terkait kekurangan oksigen di beberapa rumah sakit di Jawa Tengah. Mereka akan menyuplai dari pabrik-pabrik di Jawa Barat dan Jawa Timur. Kami akan terus memastikan semua rumah sakit kebutuhan oksigennya terpenuhi dan sudah disanggupi oleh asosiasi,” kata Menperin Agus Gumiwang seperti dikutip Antara, Rabu (23/6/2021).

Seiring meningkatnya permintaan gas oksigen medis untuk pasien Covid-19, Menperin berharap pasokan listrik untuk industri berjalan lancar dan tidak ada gangguan, karena apabila listrik padam mesin produksi di industri gas oksigen butuh waktu delapan jam untuk kembali beroperasi.

“Karena itu, Kemenperin berharap industri yang menyuplai gas oksigen untuk medis juga mendapatkan pasokan listrik terus-menerus. Kami meminta Perusahaan Listrik Negara (PLN) memastikan itu,” tutur Menperin.

Selain itu menurut Menperin, agar suplai logistik gas oksigen untuk medis berjalan lancar diharapkan ada dispensasi bagi angkutan darat yang membawa oksigen pada jalan-jalan tertentu menuju rumah sakit yang membutuhkan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button