Nasional

Bea Cukai Dukung Eksportir Baru dari Daerah

INDOPOSCO.ID – Sejalan dengan tugas dan fungsi sebagai trade facilitator, Bea Cukai secara aktif mendukung pengusaha dari berbagai daerah untuk melaksanakan ekspor. Hal ini bertujuan untuk memajukan perekonomian daerah dengan memasarkan produk lokal ke pasar internasional.

Pada kesempatan ini, Bea Cukai Kediri mengedukasi pelaku UMKM di Kabupaten Nganjuk pada Kamis (17/06). Suryana, Kepala Kantor Bea Cukai Kediri menjelaskan bahwa keterlibatan UMKM daerah dalam kegiatan ekspor akan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. “Kami berharap, setelah kegiatan ini, semakin banyak eksportir yang lahir dari Nganjuk, tentunya kami juga menyediakan fasilitas seperti KITE IKM, Pusat Logistik Berikat, juga klinik ekspor,” ujar Suryana menambahkan.

Selain itu, Bea Cukai Madura bersama dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Hongkong melaksanakan rapat persiapan Business Matching IKM Madura dengan calon buyer secara daring pada Selasa (15/06). Yanuar Calliandra, Kepala Kantor Bea Cukai Madura menjelaskan bahwa business matching ini melibatkan IKM di Madura, Sidoarjo dan Mojokerto, yang akan memasarkan produknya ke Hongkong.

Untuk mendorong pelaku UMKM melaksanakan ekspor, Bea Cukai Palangkaraya bersinergi dengan Palangka Post melaksanakan talkshow yang berlangsung secara hybrid di aula Kantor Bea Cukai Palangkaraya serta secara daring melalui aplikasi video conference. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan beberapa instansi terkait, serta pelaku UMKM di Palangkaraya, membahas tentang proses ekspor secara menyeluruh.

Kepala Kantor Bea Cukai Palangkaraya, Indra Sucahyo, memaparkan, “kami mendukung secara penuh bagi pelaku UMKM untuk melakukan ekspor. Ada fasilitias kepabeanan yang akan memudahkan proses ekspor, seperti beberapa eksportir mengirim barangnya dalam satu kontainer dan hanya pakai 1 dokumen Pemberitahuan Ekspor Barang saja.”

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button