Nasional

Penerapan Lockdown, Jangan Ada Muatan Politis

INDOPOSCO.ID – Komunikolog Emrus Sihombing menuturkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus melakukan evaluasi terkait penanganan Covid-19 di hulu. Apabila hal tersebut tidak dilakukan maka peningkatan kasus Covid-19 di hulu akan terus bertambah.

“Kebijakan terkait penanganan Covid-19 harus tegas. Ini menyangkut keselamatan manusia,” kata Emrus Sihombing melalui gawai, Sabtu (19/6/2021).

Selain penegakan hukum terkait pelanggaran protokol kesehatan (Prokes), menurutnya, kesadaran perilaku masyarakat pun harus dilakukan. Hal ini, dikatakan dia harus ada komunikasi intensif pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

“Pemerintah pusat harus membangun komunikasi intensif dengan pemerintah daerah, demikian sebaliknya. Sehingga, ketika muncul kasus yang genting di daerah, pemerintah pusat bisa segera mengeluarkan kebijakan dengan cepat,” ujarnya.

“Kan semua (komunikasi) bisa dilakukan by daring atau lainnya. Jadi dengan komunikasi ini bisa ada action yang cepat dalam penanganan Covid-19,” imbuhnya.

Ia mengingatkan, kebijakan penanganan Covid-19 harus karena faktor kemanusian. Semata-mata untuk menyelamatkan rakyat Indonesia. Oleh karena itu, menurutnya, setiap kepala daerah ataupun pemerintah pusat harus menanggalkan kepentingan politik.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button