Nasional

Dompet Dhuafa-Ponpes Ilmu Al Quran Kembangkan Zakat Produktif Berbasis Pesantren

INDOPOSCO.ID – Kolaborasi besar di tengah suasana pandemi akibat COVID-19 yang cukup panjang membuat ketahanan pangan berbasis masyarakat pesantren menjadi konsen besar yang harus terus dibangun.

Dompet Dhuafa melalui PT. Duta Danadyaksa Teknologi (DD Tekno)
membangun sinergi pada Kamis (17/06/2021) melakukan serah terima pengembangan zakat produktif dan perkebunan berbasis pesantren bersama Pondok Pesantren Ilmu Al Quran di desa Selaraja, Kecamatan Warung Gunung, Lebak , Banten

Lewat program ini, Dompet Dhuafa tidak hanya dalam membina petani-petani di sekitar pondok pesantren namun juga turut menjadi pembelajaran bagi para santri untuk mengelola lahan pertanian di luas lahan 2,5 Hektare. Pada lahan 5000 m2 tersebut di tanam Pohon jeruk yang terdiri dari empat varietas yaitu Jeruk Purut, Jeruk Limo, Jeruk Nipis, dan Jeruk Lemon. Selain itu juga ada beberapa tanaman buah lain seperti Alpukat jenis Aligator dan Durian khas Banten.

Dompet Dhuafa telah melakukan riset komoditas yang paling untuk ditanam dilahan tersebut, tidak berhenti di sana, pendampingan akan berlanjut sampai dengan penyaluran penjualan. Santri yang menjadi kader binaan Dompet Dhuafa diharapkan dapat membangkitkan kemandirian pondok pesantren mereka.

“Tujuan utama dari program ini bukan hanya penyerahan lahan tetapi diharapkan pondok pesantren ini dapat mandiri menopang operasional pondok pesantren. Ketika sudah tercapai kita akan kelola dana ini akan untuk pondok pesantren lainnya,” terang Iskandar Syamsi selaku CEO PT. Danadyaksa Teknologi (DD Tekno).

Dompet Dhuafa melalu program pengembangan zakat produktif sebagai hal utama yang menjadi fokus pengembangan potensi.Selain memberikan akses para petani dalam pembiayaan,program zakat produktif berdampak menstabilkan harga hasil panen, dengan memangkas sistem ijon dan kolaborasi antar penggerak.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button