Nasional

Bea Cukai Bimbing dan Edukasi Pengguna Jasa lewat Asistensi

INDOPOSCO.ID – Asistensi merupakan salah satu langkah strategis yang secara kontinyu digalakkan Bea Cukai dalam memberikan edukasi dan bimbingan kepada masyarakat/pengguna jasa. Asistensi juga merupakan bentuk konkrit yang dilakukan Bea Cukai dalam menjalankan tugas dan fungsi-nya sebagai industrial assistance.

Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Bea Cukai, Sudiro, menyampaikan bahwa pada kesempatan ini, Bea Cukai di berbagai daerah tengah melakukakan asistensi kepada pengguna jasa. Di Majalengka, dalam kegiatan pembinaan dan pengembangan usaha produksi ekspor unggulan yang diadakan Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Bea Cukai Cirebon dalam rangka asistensi hadir sebagai salah satu narasumber yang menyampaikan materi mengenai ketentuan ekspor.

“Sektor UMKM menjadi salah satu sektor yang dikawal perkembangannya menuju pasar global. Semua pengusaha berpotensi untuk ekspor asalkan produknya mampu bersaing di pasar internasional. Inovasi dan kualitas produk merupakan beberapa aspek yang harus ditingkatkan oleh setiap pengusaha. Bea Cukai khususnya Bea Cukai Cirebon siap mendampingi UMKM Majalengka untuk dapat melaksanakan ekspor secara mandiri,” ujar Sudiro.

Di sisi lain, Bea Cukai Tual berkesempatan untuk menggali potensi ekspor di Kepulauan Aru, Dobo. Pada kesempatan ini, Bea Cukai Tual mengunjungi CV Putri Desi untuk melakukan penggalian potensi ekspor di sektor perikanan. Dalam asistensi tersebut, CV Putri Desi mengungkapkan kendala mereka dalam mewujudkan ekspor langsung melalui Kepulauan Aru. Berbagai kendala dan permasalahan tersebut dipetakan oleh Bea Cukai Tual dan disampaikan bahwa Bea Cukai Tual siap mendukung agar kedepannya CV Putri Desi dapat melakukan ekspor perdana.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button