Nasional

Wisata Membeludak, Tingkatkan Pelacakan Covid-19

INDOPOSCO.ID – Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani minta pemerintah dapat meningkatkan pelacakan guna mengantisipasi potensi melonjaknya kasus COVID-19 akibat fenomena wisatawan di berbagai lokasi wisata saat Lebaran.

“Tingkatkan tes COVID-19 kepada mereka yang kembali dari mudik dan berwisata secara teliti. Bagi mereka yang terbukti positif harus diberlakukan isolasi dan diawasi secara ketat,” kata Netty Prasetiyani dalam rilis di Jakarta seperti dikutip Antara, Rabu (19/5/2021).

Menurut Netty, seharusnya aktivitas pelacakan tersebut tidak hanya kepada mereka yang mudik, tapi juga bagi mereka yang terbukti berwisata ke tempat-tempat yang overkapasitas.

Ia berpendapat bahwa potensi lonjakan kasus COVID-19 pascaLebaran dapat dikemukakan terkait dengan fakta membludaknya pengunjung di sejumlah tempat wisata saat libur Lebaran.

“Sejumlah tempat wisata yang dibuka dibanjiri pengunjung. Pembatasan kapasitas tidak mampu menahan antusias masyarakat untuk berwisata. Petugas juga sampai kewalahan dan tidak sanggup menjaga penerapan prokes, sehingga yang terjadi adalah kerumunan yang lebih parah dari mudik,” katanya.

Netty menegaskan bahwa semua ini harus menjadi catatan bagi pemerintah untuk menyiapkan skenario terburuk antara lain terkait dengan sistem dan kesiapan fasilitas kesehatan di berbagai daerah.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button