Nasional

Penindakan Terukur dan Akuntabel Terhadap Teroris Dibenarkan

INDOPOSCO.ID – Ketua SETARA Institute, Hendardi menyatakan eksistensi kelompok teroris ini dimungkinkan karena mengendurnya kepekaan dan melemahnya partisipasi masyarakat.

Di sisi lain, berkembang upaya untuk mendelegitimasi tindakan polisional oleh institusi-institusi keamanan negara dalam menangani terorisme. Hal itu mendorong masyarakat menjadi permisif, karena berkembang persepsi bahwa terorisme adalah konspirasi atau rekayasa pihak-pihak tertentu.

“Padahal, dua aksi terorisme di Makassar dan Mabes Polri menunjukkan betapa jaringan ini nyata dan keberadaan mereka membahayakan jiwa warga masyarakat. Demi melindungi kepentingan publik dan keselamatan warga, tindakan polisional yang terukur dan akuntabel, untuk melumpuhkan teroris dan jaringannya dibenarkan, (permissible) dalam perpsektif hukum dan hak asasi manusia,” ujar Hendardi, Kamis (1/4/2021).

Dia menyayangkan penyesatan opini yang mendeligitimasi tindakan koersif negara dalam menangani aksi terorisme masih terus berlangsung. “Hal itu jelas menjadi kampanye distortif atas kinerja pemberantasan terorisme di satu sisi, dan semakin memperluas ruang radikalisasi publik dan memperkuat sikap permisif warga, di sisi lain.

“Padahal, ruang-ruang publik yang permisif terhadap intoleransi dan radikalisme merupakan lingkungan yang membuat (enabling environment) dan mempercepat tumbuhnya terorisme dan rekonsolidasi jaringan dan sel-sel tidur terorisme,” tegasnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button