Nasional

KKP Sosialisasi Alat Tangkap Bubu Lipat untuk Tingkatkan Produktivitas Nelayan

INDOPOSCO.ID – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus menyosialisasikan bubu lipat hasil inovasi Balai Besar Penangkapan Ikan Semarang karena alat tangkap ikan tersebut dinilai lebih ramah lingkungan serta meningkatkan produktivitas nelayan.

“Selain ukurannya yang besar, keistimewaan lain adalah dapat dilipat, lebih ringkas dan mudah digunakan oleh nelayan,” kata Plt Dirjen Perikanan Tangkap KKP M Zaini dalam siaran pers yang diterima Antara di Jakarta, Minggu (28/3/2021).

Ia mengemukakan, pihaknya terus mengampanyekan penangkapan ikan ramah lingkungan untuk menjaga ekosistem perairan serta sumber daya kelautan dan perikanan nasional.

Zaini mengungkapkan, banyak nelayan masih menggunakan bubu secara tradisional yang terbuat dari bilah bambu.

Meskipun ramah lingkungan, masih menurut dia, ukurannya yang besar menjadi kendala tersendiri bagi nelayan, selain itu juga dari sisi umur teknis tidak tahan lama.

“Kami terus kenalkan bubu lipat hasil perekayasaan BBPI Semarang ini untuk meningkatkan produktivitas nelayan. Kita berikan nelayan bimbingan teknis agar bisa membuat dan merakitnya sendiri hingga perawatannya,” ujarnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button