Nasional

Begini Saran Anggota DPR Terkait Polemik SKB 3 Menteri

INDOPOSCO.ID – Kehadiran Surat Keputusan Bersama (SKB) melalui media sosial (Medsos) menimbulkan misinformasi di masyarakat. Anggota Komisi X DPR RI Debby Kurniawan menuturkan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) harus melakukan sosialisasi SKB tiga menteri secara masif.

“Jangan sampai ini memunculkan pro kontra di masyarakat. Saya khawatir akan terjadi tindakan intoleran lainnya,” ujar Debby Kurniawan melalui gawai, Senin (8/2/2021).

Ia melihat, penerapan SKB 3 menteri terlalu tergesa-gesa. Apalagi saat ini sekolah masih menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Sosialisasi juga, kata Debby, harus dilakukan secara berjenjang dari pemerintah daerah hingga orang tua.

“Kalau dalam SKB 3 Menteri disebutkan bahwa Pemda dan Sekolah diberi waktu selama 30 hari untuk mencabut peraturan yang bertentangan dengan SKB. Ini jelas tergesa-gesa, dan saya kira ini sangat sulit. Apalagi SKB ini belum tersosialisasi dengan baik. Dan harus ada pelibatan tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam sosialisasi, agar tidak terjadi perdebatan di lapangan,” imbuhnya.

Politisi Partai Demokrat ini juga meminta agar Kemdikbud memberikan perlindungan kepada siswa, guru dan pegawai yang memilih mengenakan seragam yang berbeda. Hal ini, agar tidak terjadi tindakan diskriminasi di lingkungan sekolah.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button