Nasional

ICCWA Business Forum Dapat Meningkatkan Ekspor Produk UMKM ke Australia

INDOPOSCO.ID – Kolaborasi antara pemerintah, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) dan asosiasi pelaku usaha serta Indonesian Chamber of Commerce Western Australia (ICCWA) yang telah memiliki jejaring bisnis di Australia, diharapkan dapat membuka peluang dalam meningkatkan ekspor produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM Indonesia.

Hal itu diungkapkan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, pada acara ICCWA Business Forum, secara daring, Kamis sore (28/1/2021). “Australia merupakan mitra strategis Indonesia dalam perdagangan,” tandas Teten.

Simak saja, total perdagangan Indonesia-Australia pada 2019 sebesar USD7,8 miliar. Ekspor-impor antara Australia dan Indonesia pada 2019 menunjukkan Australia fokus di produk ternak senilai USD479 juta, sereal USD214 juta, buah-buahan USD79 juta dan sayuran USD17 juta.

Sementara ekspor Indonesia ke Australia meliputi produk kayu senilai USD179 juta, bubuk kertas dan kertas USD89 juta, sepatu USD73 juta, serta pakaian USD66 juta.

Teten menambahkan, dalam meningkatkan kemitraan dan keunggulan kompetitif kedua negara, Indonesia dan Australia telah berhasil menyelesaikan proses ratifikasi Indonesia Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) dan telah berlaku secara resmi pada 5 Juli 2020.

“IA-CEPA berperan sangat penting bagi peningkatan hubungan ekonomi kedua negara. Tidak hanya peningkatan hubungan perdagangan dan investasi, tetapi juga mencakup hubungan ekonomi yang lebih luas,” jelas dia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button