Nasional

Bermitra dengan BUMDes, Kampus Merdeka dan Kedaireka Siap Bangun Desa

INDOPOSCO.ID – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi Taufik Madjid mengapresiasi hadirnya Kedaireka dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Dikti.

Dia menyebut, ada lima aspek prinsip dana desa yaitu, Aspek Kemanusiaan, Keadilan Sosial, Kebhinekaan, Keseimbangan Alam dan Kepentingan Nasional.

“Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan indutri kampus bisa dikemas dalam satu platfom baru yaitu Kedaireka,” ujar Taufik Madjid dalam keterangan di Jakarta, Selasa (26/1/2021).

Melalui platfom tersebut, menurutnya, pihaknya bisa mendorong dan meningkatkan kompetensi BUMDes dan desa. Agar mampu beradaptasi dengan berbagai macam dinamika dan menyejahterakan masyarakat desa.

Lebih jauh Taufik menjelaskan, tiga prioritas penggunaan Dana Desa diarahkan untuk percepatan aksi Sustainable Development Goals (SDG’s) desa, yaitu Pemulihan Ekonomi Nasional, Program Proritas Nasional dan Adaptasi Kebiasaan Baru Desa.

Sebelumnya, Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi Nizam mengatakan, telah mengalokasikan anggaran senilai Rp250 miliar untuk program Kedaireka. Anggaran tersebut terbuka bagi mitra-mitra industri yang peduli dengan pembangunan desa.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button