Nasional

Kongres Beasiswa Indonesia yang Digelar ISC dan BAZNAS Hasilkan Tujuh Resolusi

indoposco.id – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bersama Indonesia Scholarship Center (ISC) menggelar Kongres Beasiswa Indonesia ke-1, yang disiarkan secara daring di YouTube BAZNAS TV, pada 20-21 Januari 2021.

Kegiatan yang merupakan program kerja kolaborasi Indonesia Scholarship Center bersama Lembaga Beasiswa BAZNAS yang didukung oleh Semua Murid Semua Guru (SMSG), Pemimpin.ID dan Paragon Technology & Innovation ini merupakan wadah pertemuan para lembaga pengelola beasiswa dari semua instansi, baik lembaga pemerintah, luar negeri, perusahaan, maupun yayasan yang akan dijalankan setiap tahunnya.

Acara ini menghasilkan tujuh resolusi yang bertujuan untuk memajukan pendidikan di Indonesia melalui beasiswa. Yang pertama adalah mendorong Pemerintah untuk memastikan pengelolaan beasiswa sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Kedua, perlunya adanya forum-forum diskusi bersama untuk me-review dan mengevaluasi regulasi beasiswa agar sesuai dengan konteks dan perkembangan terbaru serta forum tersebut akan menjadi wajah evaluasi secara berkala terhadap proses, tahapan dan dampak beasiswa. Ketiga, pengembangan yang mengadopsi kode etik, pedoman atau standar pengelolaan beasiswa yang sudah ada. Kata Didin N. Hidayat selaku Direktur Eksekutif Indonesia Scholarship Center.

“Kemudian yang keempat, terwujudnya pemerataan akses informasi beasiswa yang mampu menyentuh kalangan luas masyarakat Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke, dimulai dari terwujudnya pusat data beasiswa yang komprehensif, satu pintu dan bisa diakses dengan mudah oleh kalangan luas masyarakat Indonesia,” kata Didin.

Direktur Utama BAZNAS RI, M Arifin Purwakanta menambahkan, yang kelima yakni terwujudnya pusat-pusat pelatihan persiapan beasiswa dan pelatihan SDM Unggul yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia untuk mempersiapkan SDM Indonesia agar siap mendaftar beasiswa, sehingga terciptanya pertambahan signifikan jumlah generasi muda Indonesia yang berhasil meraih mimpi menempuh studi lanjut melalui beasiswa.

Keenam, terwujudnya sinergitas antara lembaga pengelola beasiswa, pemerintah pusat dan daerah, perusahaan, NGO, komunitas beasiswa dan semua pihak yang terkait dengan beasiswa.

“Kemudian yang terakhir, terwujudnya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia terutama kontribusi dari para alumni penerima beasiswa yang mampu berkiprah di level regional, nasional dan dunia dan membangun Indonesia dari berbagai segi,” kata Arifin.

Sementara itu, Muhammad Fadhli selaku Moderator acara dan juga selaku Direktur Kerjasama Indonesia Scholarship Center mengajak semua pihak melalui momentum Kongres Beasiswa Indonesia ini. “Mari kita semua (baik pemerintah, lembaga beasiswa, korporasi, NGO, komunitas beasiswa, dan seluruh pihak yang terkait dengan beasiswa) bergandengan tangan dan bersinergi satu sama lain sehingga tujuan kita untuk mewujudkan Sumber Daya Indonesia yang unggul melalui peran beasiswa Indonesia bisa tercapai,” ujarnya.

Fadhli menambahkan bahwa Indonesia Scholarship Center adalah lembaga nirlaba yang memiliki peran sebagai fasilitator kegiatan beasiswa dan katalisator optimalisasi jaringan beasiswa dunia dan Indonesia.

“Kami memfasilitasi integrasi dan kolaborasi antar pemangku kepentingan dalam bidang beasiswa di Indonesia, dengan visi membangun ekosistem beasiswa Indonesia yang bersinergi, visioner dan kontributif demi terciptanya Sumber Daya Manusia (SDM) unggul,” ujar Fadhli.

Fadhli juga memaparkan bahwa Indonesia Scholarship Center memiliki misi sebagai fasilitator dan katalisator optimalisasi jaringan beasiswa dunia dan Indonesia, Mengelola pendataan beasiswa dunia dan Indonesia yang valid, terukur dan berkesinambungan (lengkap, akuntabel dan terbarukan/up to date), Meningkatkan literasi dan pemerataan kesempatan beasiswa di Indonesia, dan terakhir Melaksanakan pelatihan SDM untuk persiapan beasiswa bagi masyarakat Indonesia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button