Nasional

Menkop dan UKM Sebut di Negara Besar Sektor Pertanian Maju Karena Koperasi

indoposco.id – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki mengatakan, sektor pertanian dan peternakan di Eropa, Australia dan negara lainnya maju karena menggunakan kelembagaan koperasi.

“Oleh karena itu, kami mendorong kelembagaan petani, peternak dan pembudidaya ikan, tidak lagi berjalan sendiri-sendiri. Melainkan berjalan bersama dengan cara membuat kelembagaan bisnis yang lebih besar dalam bentuk koperasi,” papar dia, saat audiensi dengan Pemuda Tani HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) secara daring. Selasa (12/1/2021).

Selain itu, lanjut Teten, produk pertanian yang dibuat harus sesuai dengan keinginan pasar. Sehingga, produk yang diciptakan menjadi ekonomis dan efisien.

“Kita punya komoditas yang dilirik negara lain, yakni buah tropic seperti pisang, manggis, nanas, dan buah lainnya yang harus kita kembangkan. Kita harus fokus di situ agar potensi seperti ini dapat kita kembangkan,” ujarnya.

Di samping itu, perlu adanya konsolidasi lahan petani dengan cara diajak bergabung ke dalam koperasi sehingga tercipta konsep lahan rakyat. “Terciptanya konsep lahan rakyat, menjadi suatu gagasan yang cukup bagus,” tegas Teten.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button