Megapolitan

Pengamat Sarankan Pj. Gubernur DKI dari Internal Kemendagri

INDOPOSCO.ID – Pengamat politik yang juga pemerhati pemilu Jerry Sumampouw menyarankan agar Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta sebaiknya dari internal Kementerian Dalam Negeri karena pejabat internal Kemendagri sangat memahami persoalan pemerintah daerah.

“Jadi, menurut saya, sangat tepat kalau Pj. Gubernur DKI Jakarta diisi oleh orang dari Kemendagri sebab mereka ini lebih paham persoalan di setiap pemerintah daerah,” kata Jerry dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Selain itu, kata Koordinator Komite Pemilih Indonesia ini, sosok pj. gubernur haruslah orang benar-benar memahami sekaligus berpengalaman di bidang birokrasi. Dengan bekal tersebut, mereka dapat langsung bekerja tanpa harus belajar ketika mendapat tugas.

“Orang yang paham birokrasi pemerintah daerah ‘kan hanya orang-orang Kemendagri. Jadi, ketika dipercaya menjabat pj. gubernur orang Kemendagri ini bisa langsung kerja tak perlu belajar lagi, mengingat waktu menjadi Pj. Gubernur DKI hanya 2 tahun,” kata Jerry.

Baca Juga: Pj Gubernur DKI Harus Berkapasitas dan Mampu Jaga Stabilitas

Di lain sisi, Pj. Gubernur DKI juga akan menghadapi tahun politik saat menjalankan roda pemerintahannya nanti. Oleh karena itu, Pj. Gubernur DKI haruslah sosok yang netral dan tidak memiliki kepentingan politik menjelang Pemilu dan Pilkada 2024.

“Saya kira sosok Pj. Gubernur DKI ini harus benar-benar orang dari birokrasi murni. Nah, sosok itu ada di internal Kemendagri,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button