Megapolitan

Kepala Sekolah SMPN 46 Bantah Ada Pemaksaan Jilbab Pada Siswa

INDOPOSCO.ID – Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 46, Jakarta Selatan, Endin Haerudin membantah ada guru di sekolah tersebut memaksa siswi muslimah memakai jilbab.

“Dari sekolah tidak ada aturan tersebut, saya secara pribadi atau Dinas tidak pernah memaksa penggunaan kerudung baik secara lisan maupun tertulis,” kata Endin seperti dikutip Antara, Kamis (4/8/2022).

Endin menjelaskan, siswi yang berinisial R tersebut hanya ditanya seorang guru terkait kepercayaan yang dianut. Karena R seorang muslimah, R pun ditanya terkait alasan tidak mengenakan jilbab.

Baca Juga : SMAN 1 Banguntapan Bantah Paksa Siswi Pakai Jilbab

“Gurunya bertanya ‘kenapa enggak pakai kerudung?’ Mungkin karena ditanya, dijawablah ‘belum siap’. Ketika mendapat jawaban ‘belum siap’ ya sudah tidak terjadi apa-apa karena memang jawaban ‘belum siap’,” kata Endin.

Menurut Endin, jajaran guru memilik kewajiban menanyakan hal tersebut karena berkaitan dengan kurikulum dan sikap spiritual. “Turunan dari sikap spiritual itu, guru harus melakukan pengamatan, mencatat ketika belajar membaca doa, kemudian shalat dan mengucapkan salam,” kata Endin.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button