Megapolitan

DKI Targetkan Olah 2.000 Ton Sampah Jadi Bahan Bakar 750 Ton Per Hari

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menargetkan dapat mengolah sekitar 2.000 ton sampah menjadi sekitar 750 ton bahan bakar alternatif berbasis sampah per hari, di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat.

“Proyek ini diharapkan bisa menjadi salah satu solusi di hilir pengelolaan sampah yang dikirimkan ke Bantargebang,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2022 seperti dikutip Antara, Senin (21/2/2022).

Proyek tersebut diharapkan dapat mengurangi timbunan sampah di TPST Bantargebang.

Rinciannya, sebanyak 1.000 ton sampah lama berusia minimal enam tahun dan 1.000 ton sampah baru di TPST Bantargebang akan diolah di fasilitas pengolahan sampah Landfill Mining dan Refused Derived Fuel (RDF) atau bahan bakar yang dihasilkan setelah sampah diolah.

Baca Juga : DKI Sumbang 2.190 Kasus Baru Covid-19

Nantinya, sampah yang sudah diolah itu akan menjadi bahan bakar alternatif atau menjadi energi baru terbarukan pengganti baru bara. “Bahan bakar yang bisa menggantikan batu bara yang ini juga punya efek yang baik untuk kualitas udara di sekitar kita,” imbuh Anies.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button