Megapolitan

Benahi Pelayanan, BPN Kota Bekasi Kebut PTSL

INDOPOSCO.ID – Dalam upaya membenahi pelayanan Pertanahan di Kota Bekasi, kepala kantor BPN Kota Bekasi Andi Bakti Djufri membuat berbagai inovasi pelayanan yang berbasis online untuk menghindari interaksi langsung pegawai dengan pemohon.

Pelayanan berbasis elektorik tersebut diantaranya adalah, layanan Hak Tanggungan Elektronik (HT-el), Informasi Zona Nilai Tanah (ZNT), Pengecekan Sertifikat Tanah serta Pembuatan Surat Keterangan Pendaftaran Tanah.

“Untuk meminimalisir aksi percaloan dalam mengurus administrasi Pertanahan, tidak semua orang kini bisa leluasa masuk ke dalam kantor untuk bertemu dengan pejabat BPN,” terang kepala kantor Pertanahan Kota Bekasi melalui sambungan telepon kepada INDOPOSCO,Kamis (3/2/2022).

Sementara itu, untuk mempercepat penyelesaian program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2022, Kantor Pertanahan Kota Bekasi,Jawa Barat, juga sudah membentuk tiga tim yang bertugas untuk melakukan sosialisasi kepada pemohon dan aparat terkait di Kelurahan dan Kecamatan untuk pengumpulan data fisik (Puldasik) dan data yuridis bidang tanah yang masuk dalam program PTSL.

Baca Juga : Soal Kerusakan Bangunan BPN Kota Bekasi, Pengamat : Inspektorat dari Kementerian ATR/BPN Harus Audit Anggaran

Kepala Kantor Pertanahan atau Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bekasi, Andi Bakti Djufri melalui Kepala Seksi (Kasi) Survey dan Pemetaan Abdul Gani menjelaskan, tahun ini Kantor Pertanahan Kota Bekasi mendapatan target PTSL sebanyak 17 ribu bidang yang terdiri dari PBT (Peta Bidang Tanah) 8 ribu bidang, dan SHT (Sertipikat Hak Tanggungan) 9 ribu bidang yang tersebar di 3 Kelurahan di Kecamatan Pondok Melati.

“Tahun ini kami mendapatkan target PTSL sebanyak 17 ribu bidang yang terdiri dari PBT sebanyak 8 ribu bidang dan SHT 9 ribu bidang,” terang Abdul Gani.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button