Megapolitan

Optimalkan Pencegahan Keuangan Daerah Langgar Hukum

Kajari Depok

INDOPOSCO.IDKepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Depok Sri Kuncoro melakukan berbagai inovasi untuk mendukung perkembangan Kota Depok, dengan maksimalkan program pencegahan penggunaan keuangan daerah yang melanggar hukum.

“Kami optimistis perekonomian Kota Depok pada 2022 ini akan mampu tumbuh lebih baik dari pada tahun sebelumnya,” kata dia, dalam keterangannya di Depok, Rabu (5/1/2022).

Baca juga: KPK Klaim Selamatkan Keuangan Negara/Daerah Rp35,9 Triliun

Kuncoro mengatakan, mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan perekonomian di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir khususnya di Kota Depok pada tahun 2022 ini.

Untuk itu Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok telah menyusun rencana kerja terkait peningkatan dukungan dalam program penanganan Covid-19 maupun program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Program pemulihan ekonomi ini melalui kegiatan pendampingan, pengawasan dan kegiatan lainnya yang mengarah pada pencegahan serta melaksanakan penegakan hukum yang mengarah dan fokus kepada kejahatan yang merugikan perekonomian negara sebagaimana Program Prioritas Kejaksaan Tahun 2022.

Sesuai dengan tugas pokok dan wewenang yang dipunyai oleh Kejaksaan maka pihaknya sebagai institusi penegak hukum yang ada di daerah juga akan turut memantau terkait penggunaan anggaran agar tidak terjadi penyimpangan atau penyalahgunaan wewenang yang berpotensi merugikan keuangan maupun perekonomian negara.

“Terkait dengan tugas pengawasan tersebut tentunya kami tidak hanya fokus pada upaya penindakan semata tapi kami akan lebih mengoptimalkan pada program pencegahan sehingga penggunaan keuangan daerah dapat lebih efisien, efektif dan akuntabel,” ucap Kuncoro, dikutip dari Antara.

“Jadi program pencegahan akan lebih diprioritaskan dimana jika sudah diingatkan tapi masih tetap bandel melakukan penyimpangan maka akan dilakukan upaya penindakan secara proporsional dan profesional,” tambahnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button