Megapolitan

Pemindahan Pemenuhan RTH Jakarta ke Puncak Keterkaitan Wilayah

INDOPOSCO.ID – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebutkan pemindahan pemenuhan ruang terbuka hijau (RTH) yang dibutuhkan Jakarta ke wilayah Puncak, Bogor, Jawa Barat, merupakan akibat dari keterkaitan wilayah antara Jakarta dan daerah sekitarnya.

“Terkait RTH, tidak hanya di Jakarta tapi di Bodetabek Punjur, jadi termasuk Puncak, Bogor, Bekasi, semua ini merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dengan Jakarta, harus saling mendukung, karenanya dibutuhkan RTH yang lebih banyak dan lebih luas,” ujar Riza di Balai Kota Jakarta, Kamis (11/11/2021).

Pembangunan RTH di Puncak, kata Riza, adalah langkah yang lebih cepat, mudah dan murah bagi pemerintah untuk pemenuhan kekurangan 21 persen RTH di Jakarta sebagai wilayah tangkapan air.

“Terlebih kita tahu kan Jakarta ini daerahnya sangat dataran rendah, air kiriman dari daerah-daerah yang lebih tinggi itu bisa diatasi di antaranya memperluas RTH di kawasan hulu, termasuk pembangunan waduk Cimahi dan Ciawi yang mudah-mudahan akhir tahun ini sudah bisa difungsikan,” ucapnya, seperti dikutip dari Antara.

Sebelumnya, Kementerian ATR/BPN berencana memindahkan pemenuhan ruang terbuka hijau(RTH) di DKI Jakarta ke daerah Puncak, Bogor, guna menanggulangi persoalan banjir di Jakarta, dan memastikan perbaikan lingkungan di wilayah hulu.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button