Megapolitan

Perkuat Fungsi Pelayanan dan Pengawasan, Bea Cukai Tingkatkan Sinergi dengan Instansi Lain

INDOPOSCO.ID – Bea Cukai terus berupaya meningkatkan sinergi dengan instansi lain dalam menjalankan tugas dan fungsi-nya, mulai dari melakukan dan menerima kunjungan kerja, menyelenggarakan audiensi, serta berkolaborasi di bidang pelayanan dan pengawasan kepabeanan dan cukai lainnya.

Dalam rangka perkuat koordinasi atas pengawasan obat-obatan impor, Bea Cukai Soekarno-Hatta terima kunjungan kerja Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Lawatan ini diisi dengan rangkaian diskusi bersama yang diikuti dengan peninjauan lapangan proses pemeriksaan barang kiriman dan barang bawaan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta.

Dalam rangkaian diskusi, Kepala Bidang Pelayanan dan Fasilitas Pabean dan Cukai I Bea Cukai Soekarno-Hatta, Sumarna menjelaskan bahwa setiap pemasukan obat-obatan tentunya Bea Cukai bersinergi dengan BPOM untuk terus diawasi. Sesuai dengan Peraturan Kepala BPOM No 30 tahun 2017, impor obat membutuhkan Surat Keterangan Impor (SKI), atau dalam keadaan tertentu menggunakan Special Access Scheme (SAS). Kalau tidak dilengkapi, barangnya akan ditahan dan tidak bisa masuk Indonesia.

Dikatakan Sumarna kegiatan koordinasi ini merupakan bentuk perwujudan komitmen Bea Cukai Soekarno-Hatta dalam mengupayakan kerja sama antar lembaga yang produktif, khususnya di bidang pengawasan. “Melalui sinergi ini, kedepannya diharapkan Bea Cukai Soekarno-Hatta dan BPOM dapat terus meningkatkan dan memperkuat koordinasi serta komitmennya dalam mengawasi obat-obatan impor yang masuk ke dalam wilayah Indonesia guna melindungi masyarakat dari zat-zat berbahaya bagi kesehatan,” tambahnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button