Megapolitan

Perlu Sinergi Atasi Pencemaran Parasetamol Di Teluk Jakarta

INDOPOSCO.ID – Peneliti Oseanografi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Dr Wulan Koagouw mengatakan sinergi bersama menjadi kunci untuk dapat menyelesaikan masalah pencemaran parasetamol di Teluk Jakarta.

“Media dan publik, kita bisa sama- sama bersinergi dengan kami peneliti sehingga kami bisa back up dengan datanya. Kita sama-sama bisa bersinergi untuk menyelesaikan masalah yang saat ini sudah bisa kita identifikasi di Teluk Jakarta,” kata Wulan dalam Sapa Media virtual Limbah Farmasetika di Perairan Teluk Jakarta yang diselenggarakan BRIN seperti dikutip Antara, Senin (4/10/2021).

Peneliti bidang ekotoksikologi itu menuturkan sinergi yang dimaksud berkaitan dengan peran peneliti, pemerintah dan masyarakat, dan media. Peneliti melakukan penelitian dan memberikan dukungan berupa data-data hasil riset sebagai masukan kepada pemangku kepentingan.

Data-data dari hasil riset tersebut akan menjadi masukan kepada pemangku kepentingan terkait termasuk pemerintah sehingga dapat menggunakannya untuk merumuskan kebijakan atau keputusan yang tepat dan berbasis sains.

Sementara, menurut Wulan, masyarakat atau publik bisa mengambil peran dalam pelaksanaan kampanye atau kebijakan-kebijakan yang diterapkan sekaligus mengawal kebijakan-kebijakan tersebut.

Media berperan untuk mendiseminasi informasi dan mengawal kebijakan atau langkah yang dilakukan untuk mengatasi masalah pencemaran parasetamol itu.

“Supaya kita bisa melakukan solusi yang nanti kita rumuskan bersama untuk mengatasi permasalahan di laut kita bukan hanya parasetamol tapi juga kontaminan lainnya,” tutur Wulan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button