Megapolitan

Kabupaten Bogor Atasi Sampah dengan KRL. Bagaimana Konsepnya?

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat (Jabar) tengah berupaya melakukan penanganan masalah sampah dari hulu, yakni setiap masyarakat di masing-masing rumah tangga.

“Permasalahan sampah tidak akan selesai jika hanya dilakukan oleh hilir atau pemerintah, tapi peran utama dalam penyelesaian sampah ini harus juga diselesaikan dari hulu,” ucap Anggota Tim Percepatan Pembangunan Strategis Kabupaten Bogor Saepudin Muhtar alias Gus Udin di Desa Pangkal Jaya, Nanggung, Bogor, Jumat (1/10/2021).

Baginya, Pemkab Bogor tengah merancang konsep lomba Kampung Ramah Lingkungan (KRL) di tingkat kabupaten, sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah terhadap lingkungan.

Berita Terkait

“Ini nantinya akan ada kenaikan taraf program KRL ini bukan hanya tingkat dinas, tapi akan ditarik ke tingkat bupati yang tentunya akan diberikan hadiah tambahan,” tangkasnya.

Alasannya, Pemkab Bogor masih terkendala dalam pengangkutan sampah, dari total gundukan sampah sekitar 2. 800 ton per hari, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor baru bisa menanggulangi secara efektif sekitar 700 ton per hari.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button