Megapolitan

Urbanisasi Bertambah, Sistem dan Pemimpin Kota Berperan

INDOPOSCO.ID – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa sistem dan pemimpin perkotaan berfungsi saat prediksi urbanisasi bertambah di seluruh dunia pada masa mendatang.

Bagi Anies, setidaknya ada 60, 4 persen populasi dunia yang akan tinggal di perkotaan pada 2030 mendatang dan 68 persen populasi dunia akan tinggal di kota pada 2050.

“Dengan prediksi urbanisasi itu, peran kota akan penting bagi peradaban kita. Karena itu, peran sistem perkotaan dan pemimpin kota menjadi sangat penting, termasuk dalam menyikapi berbagai isu krusial lainnya, terutama perubahan iklim,” ucap Anies saat acara webinar forum internasional ‘Climate Heroes’ yang dikutip di Jakarta, Jumat (1/10/2021).

Terkait perubahan iklim, Anies menyoroti kondisi yang menjadi tantangan kota-kota di dunia dan mengajak seluruh pihak bertanggung jawab dalam mengurangi emisi karbon yang menjadi penyebab perubahan iklim di dunia.

“Terutama ketika kota ditantang oleh tantangan besar seperti pandemi Covid-19 dan perubahan iklim. Maka dari itu peran pemerintah, komunitas internasional juga memberikan perhatian yang signifikan pada kota-kota,” ucap mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Dalam kesepakatan global seperti Perjanjian Paris dan Agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030, imbuh Anies, pemerintah kota diakui sebagai sekutu penting dalam mendorong masa depan yang lebih hijau, tangguh, dan berkelanjutan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button