Megapolitan

HUT SMPN 115 Jakarta Ke-44, Siswa Berhasil Ciptakan Program E-Commerce

INDOPOSCO.ID – Pandemi Covid-19 tak menyurutkan kreativitas siswa dan siswi SMP Negeri 115 Jakarta untuk berkarya. Sebanyak delapan siswa dan siswi sekolah tersebut berhasil menciptakan Smabel E-Commerce (Smacom).

Smacom merupakan salah satu sektor usaha yang memproduksi produk exclusive melalui inovasi dan kreatifitas siswa siswinya. Mulai dari membangun website, menganalisa pasar, mencari supplier hingga mendesain produk dan menjualnya.

Salah satu karya terbaik tersebut dilaunching bersamaan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) SMP Negeri 115 Jakarta ke-44 yang jatuh pada hari ini.

Ulang tahun kali ini dilakukan secara sederhana melalui virtual yang diikuti seluruh pelajar, guru, karyawan termasuk orang tua murid. Seluruh kegiatan yang biasa digelar tidak dilaksanakan karena situasi pandemi Covid-19.

Meski tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya namun peringatan Smabels Days tetap dilaksanakan secara sederhana dan hikmat.

Kepala Sekolah SMP Negeri 115 Jakarta Sindung Ernawati mengatakan diusianya yang ke-44, SMPN 115 terus berbenah mempersiapkan siswa dan siswinya menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi bangsa dan negara.

“Kami terus mendorong anak-anak untuk lebih giat belajar, berkarakter dan mengembangkan bakat,” kata Sindung kepada Indoposco.id disela-sela HUT SMP Negeri 115 ke-44 di Jakarta, Selasa (28/9/2021).

Menurut dia, perayaan Smabels Days dibarengi dengan launching Smacom. Sindung mengaku bangga dengan inovasi tersebut karena anak-anak bisa mengembangkan pelajaran dari sekolah dengan talenta atau kemampuan yang dimiliki.

Menurut dia, upaya ini adalah peluang yang sangat luar biasa. Dimana seusia anak SMP sudah memiliki jiwa entrepreneur dan kepercayaan diri untuk bisa menciptakan suatu produk.

“Kami dari pihak sekolah hanya memotivasi saja. Silahkan anak-anak berinovasi. Tujuan utamanya bukan mencari uang tapi belajar,” ungkapnya.

Sindung menuturkan ada tiga sektor usaha Smacom yang sudah berjalan. Koperasi, Smacom dan Smafoods. Produk yang diciptakan juga beragam. Mulai dari membuat kaos dengan gambar-gambar unik dan menarik, kover buku, makanan, notebook dan sebagainya.

“Belum lama ini, inovasi anak-anak kami sampaikan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan beliau sangat mengapresiasi. Bahkan saya dan tim Smacom sempat diundang ke ruangan beliau untuk presentasi,” terang Sindung.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button