Megapolitan

Masuki Musim Penghujan, Warga DKI Diimbau Waspada Potensi DBD

INDOPOSCO.ID – Masuk musim penghujan, masyarakat harus mewaspadai populasi nyamuk aedes aegypti. Apalagi Jakarta masuk wilayah endemik demam berdarah dengue (DBD).

“Nyamuk aedes aegypti memiliki masa siklus dari telur sampai menjadi nyamuk selama 10-14 hari,” ujar Mantan Ketua Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Pengendali Hama Asosiasi Perusahaan Pengendalian Hama Indonesia (Aspphami) Zainal Arifin melalui gawai, Minggu (12/9/2021).

Ia mengatakan, nyamuk DBD menggigit pada pagi (jam 10) dan sore hari. Dan dia lebih suka bersarang di genangan air yang jernih.

“Untuk mencegahnya harus menerapkan pola hidup bersih. Dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan dan melakukan 3M (menguras, menutup rapat penampungan air dan mengubur benda yang berpotensi menimbulkan genangan air,” katanya.

Pria yang kini menekuni tenaga profesional pengendalian hama ini menuturkan, upaya represif pada nyamuk DBD bisa dilakukan dengan pengasapan atau fogging. Langkah pest control perlu dilakukan untuk memutus mata rantai nyamuk DBD.

Langkah tersebut, menurut Ketua Umum Perkumpulan Keluarga Besar Purworejo (Pakuwojo) ini cukup efektif membasmi nyamuk DBD.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button