Megapolitan

Peringati Hari Maritim Nasional 2021, Mangrove Jakarta Wujudkan Lingkungan Asri Dengan Menanam 10.000 Bibit Mangrove

INDOPOSCO.ID – Selain menjaga kesehatan bagi tubuh di tengah pandemi ini, hal lain yang perlu diperhatikan adalah untuk tetap menjaga lingkungan hidup. Indonesia dikenal sebagai negara yang dikelilingi oleh lautan yang berada di antara dua benua dan dua samudra atau yang dikenal sebagai negara maritim.

Dikenal dengan negara yang dikelilingi lautan, Mangrove Jakarta kembali memanfaatkan alam sebagai tempat untuk membesarkan tanaman mangrove tepat pada hari Maritim Nasional 23 September 2021.

Bekerja sama dengan Pusat Budidaya dan Konservasi Laut (PBKL) Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta, Mangrove Jakarta Community kembali melakukan penanaman di Pulau Tidung Kecil. Adapun manfaat dari penanaman mangrove adalah mencegah abrasi dan erosi, menjaga iklim dan cuaca, mencegah pemanasan global, dan dapat menjadi salah satu daerah wisata untuk meningkatkan kesadaran para pengunjung akan pentingnya pohon mangrove. Dalam kegiatan ini, komunitas yang diketuai oleh Paundra Hanutama ini melakukan penanaman sebanyak 10,000 bibit mengrove dengan tetap melakukan protokol kesehatan yang ketat.

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatlak) PBKL Dinas KPKP DKI Jakarta, Cecep Hermawan mengatakan, penanaman mangrove tersebut terealisasi melalui kolaborasi dengan komunitas anak muda yang tergabung dalam Mangrovejakarta.id.

“Penanaman mangrove ini sekaligus menjadi sarana edukasi dan menumbuhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan dan ekosistem laut dan kami lakukan upaya untuk mitigasi perubahan iklim melalui pemanfaatan blue carbon pada ekosistem pesisir di Kepulauan Seribu,” ujarnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button