Megapolitan

LBH Jakarta Sebut Anak-Anak Masih Rentan Jadi Korban Kekerasan Seksual

INDOPOSCO.ID – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta menyebutkan anak-anak masih rentan jadi korban kekerasan seksual. Tinggi persentase tersebut disebabkan kurangnya perlindungan terhadap saksi dan korban terutama pada proses pelaporan.

“Tercatat sebanyak 37 persen dari 27 anak menjadi korban kekerasan seksual, di antaranya menjadi korban pemerkosaan dengan tipu muslihat, korban kekerasan seksual yang dilakukan oleh ayah kandung, serta korban pencabulan yang dilakukan oleh guru sekolah. Kasus kekerasan seksual terhadap anak ini menjadi urutan nomor satu terbanyak dari pengaduan kasus anak lainnya yang diterima oleh LBH Jakarta sejak Januari 2020 hingga Juni 2021,” kata LBH Jakarta sebagaimana dikutip dari keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Jumat (23/7/2021).

LBH Jakarta pada rentang waktu Januari 2020-Juni 2021 menerima 18 pengaduan terkait kasus anak, baik mereka sebagai korban dan anak yang berkonflik dengan hukum.

Dari 27 anak itu, 37 persen di antaranya merupakan anak-anak korban kekerasan seksual, 30 persen anak-anak berkonflik dengan hukum, 22 persen anak-anak kena kriminalisasi kebebasan berekspresi, dan 11 persen sisanya aduan anak-anak terkait akses ke pendidikan.

Aduan-aduan terkait anak sebagai korban kekerasan seksual menunjukkan mereka masih belum aman di tempat mereka seharusnya merasa aman, yaitu di sekolah dan rumahnya sendiri, sebut LBH Jakarta.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button