Internasional

Indonesia Harap Korsel Perluas Peluang Kerja bagi WNI

INDOPOSCO.ID – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauzyah dalam pertemuan bilateral dengan Menteri Ketenagakerjaan dan Perburuhan Republik Korea, Lee Jung Sik berharap negara itu bisa memperluas peluang kerja bagi warga Indonesia (PMI).

Menurut keterangan diterima di Jakarta, Sabtu, Menaker Ida menyampaikan kepada kepada Menteri Lee agar pembaharuan MoU penempatan PMI melalui skema Employment Permit System (EPS) dapat diselesaikan secepatnya, yaitu tahun depan bersamaan dengan perluasan sektor pekerjaan bagi PMI di bawah EPS.

“Pihak Indonesia berharap pihak Republik Korea dapat melakukan pengembangan beberapa sektor pekerjaan pada skema EPS ini dengan menambahkan sektor konstruksi, pertanian, dan jasa,” kata Menaker Ida dalam pertemuan yang diadakan di Seoul, Korea Selatan, pada Jumat (2/12) waktu setempat.

Hal tersebut dalam rangka meningkatkan hubungan bilateral bidang ketenagakerjaan dan perburuhan mengingat tahun depan menandai 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Korea, serta memperingati kerja sama penempatan mekanisme kerja sama antar pemerintah atau G to G.

Pengembangan sektor pekerjaan juga diperlukan mengingat saat ini Indonesia sedang mengalami bonus demografi ditandai dengan banyaknya jumlah penduduk usia produktif dan diprediksikan mencapai puncak pada 2030.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button