Internasional

PM Jepang-Presiden Jerman Sepakati Kerjasama Erat Bantu Ukraina

INDOPOSCO.ID – Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dan Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier pada Selasa (1/11) sepakat untuk semakin mengoordinasikan tanggapan kedua negara terhadap invasi Rusia ke Ukraina.

PM Jepang dan Presiden Jerman itu berjanji untuk mempertahankan sanksi keras terhadap Rusia.

Pada konferensi pers bersama setelah pertemuan kedua pemimpin di Tokyo, Kishida dan Steinmeier mengatakan bahwa mereka juga mengonfirmasi bahwa Jepang dan Jerman akan bergandengan tangan untuk menghadapi berbagai tantangan global sebagai ketua dari Kelompok 7 negara industri besar (G7) yang akan datang dan yang saat ini menjabat.

Baca Juga : EU Desak Rusia Batalkan Penangguhan Kesepakatan Laut Hitam

“Sekarang saya sangat merasakan pentingnya kolaborasi erat kami,” kata Kishida pada awal pembicaraan, seperti dikutip Antara, Rabu (2/11/2022).

Sementara itu, Presiden Jerman, yang tidak memiliki otoritas pengambilan keputusan, menekankan perlunya memberi tekanan lebih pada Moskow.

Beberapa anggota G7 seperti Jepang dan Jerman masih mengimpor energi dari Rusia, termasuk gas alam.

Namun, anggota G-7 — yang juga termasuk Inggris, Kanada, Prancis, Italia dan Amerika Serikat serta Uni Eropa — telah memimpin upaya internasional untuk menjatuhkan sanksi ekonomi berat terhadap Rusia atas perangnya terhadap Ukraina yang dilakukan sejak Februari 2022.

Jepang akan mengambil alih jabatan presiden bergilir G7 dari Jerman tahun depan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button