Internasional

Prancis Bantu Indonesia Kembangkan Industri Dirgantara

INDOPOSCO.ID – Menteri untuk Pembangunan, Frankofon dan Kemitraan Internasional Prancis Chrysaoula Zacharopoulou menyatakan siap membantu Indonesia mengembangkan industri dirgantara dan pertahanan.

“Industri pertahanan dan dirgantara Prancis jadi yang paling sukses dan terbesar di dunia, kami memiliki hampir 5 ribu perusahaan, mulai dari perusahaan kecil yang inovatif hingga menjadi pemain global,” kata Zacharopoulou seperti dikutip Antara, Rabu (7/9/2022).

Indonesia, lanjut dia, ingin berkolaborasi dengan Prancis dalam transfer teknologi di industri dirgantara dan pertahanan. “Industri dirgantara dan pertahanan di Prancis mempekerjakan seperempat juta orang dan menghasilkan pendapatan di atas seratus juta euro setiap tahun. Industri kedirgantaraan Prancis menjadi sektor pengekspor teratas untuk teknologi pesawat militer,” kata dia.

Zacharopoulou mengatakan Prancis merupakan negara dengan industri pertahanan yang maju dan dapat memenuhi kebutuhan pertahanannya secara mandiri. Industri dirgantara dan pertahanan jadi latar belakang yang bagus untuk menjalin kemitraan internasional. “Industri ini menciptakan inovasi, teknologi, pekerjaan berkualitas dan dapat mengembangkan peluang lokal,” tambahnya.

Pengembangan industri dirgantara dan pertahanan di Prancis, kata Zacharopoulou, jadi prioritas politik selama tujuh puluh tahun terakhir dengan menggelontorkan investasi yang signifikan.

Sebelumnya Indonesia dan Prancis meneken lima kerja sama baru di bidang pertahanan. Kerja sama tersebut ditandatangani Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dan Menteri Angkatan Bersenjata Prancis pada Februari lalu.

Kerja sama pertama adalah untuk pembelian enam pesawat tempur Dassault Rafale dari perusahaan penerbangan Prancis, Dassault Aviation. “Ini sebagai awal dari kontrak yang lebih besar untuk 36 pesawat tempur Rafale berikutnya,” demikian keterangan tertulis Kementerian Pertahanan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button