Internasional

Iran Rilis Divisi Drone Pertama di Samudera Hindia

INDOPOSCO.ID – Iran pada Jumat (15/7/2022) mengumumkan divisi pesawat nirawak atau drone pertamanya di Samudra Hindia, kata TV pemerintah, ketika Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengunjungi Timur Tengah untuk menggalang dukungan Arab melawan ancaman Iran.
Laporan TV itu tidak menyebutkan berapa banyak kapal atau drone yang dimasukkan dalam setiap unit, hanya satu kapal yang membawa 50 drone.

Pada Senin, penasihat keamanan nasional AS Jake Sullivan mengatakan, Washington percaya bahwa Iran sedang bersiap untuk memberi Rusia hingga beberapa ratus drone, termasuk beberapa yang memiliki kemampuan senjata, dan bahwa Iran sedang bersiap untuk melatih pasukan Rusia untuk menggunakannya.

Kementerian luar negeri Iran tidak membenarkan atau membantah pernyataan Sullivan. Iran telah memasok kendaraan udara tak berawak (UAV) ke sekutunya di Timur Tengah. TV Iran mengatakan drone yang ditampilkan pada Jumat termasuk Pelican, Arash, Homa, Chamrosh, Jubin, Ababil-4 dan Bavar-5.

Baca Juga: Polisi Iran Bubarkan Massa Pemrotes Insiden Gedung Runtuh

Pada Kamis, Biden dan Perdana Menteri Israel Yair Lapid menandatangani janji bersama di Yerusalem untuk menolak senjata nuklir Iran, sebuah langkah nyata untuk mengakomodasi seruan Israel oleh negara besar dunia tentang “ancaman militer yang dapat dibuktikan”.

Ditanya oleh televisi Israel Minggu ini apakah pernyataannya di masa lalu bahwa dia akan mencegah Teheran mendapatkan senjata nuklir berarti dia akan menggunakan kekuatan militer melawan Iran, Biden menjawab: “Jika itu adalah upaya terakhir, ya.”

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button