Internasional

PBB Tuding Taliban Ganggu Pengiriman Bantuan ke Afghanistan

INDOPOSCO.ID – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PPB) menyebut pemerintah Taliban yang kini menguasai Afghanistan menolak bantuan dana kemanusiaan serta mengganggu pengiriman bantuan ke negara itu.

Sejak Taliban mengambil alih Afghanistan Agustus tahun lalu, bank-bank internasional waspada terhadap uji coba sanksi PBB dan Amerika Serikat sehingga kelompok-kelompok bantuan harus berjuang untuk menyediakan cukup uang agar tetap bisa beroperasi.

“Sistem perbankan formal terus memblokir transfer sebagai upaya menghindari risiko yang berlebihan. Dan ini berdampak pada saluran pembayaran dan menyebabkan gangguan dalam rantai pasokan,” kata Kepala Bantuan PBB Martin Griffiths seperti dikutip Antara, Jumat (24/6/2022).

PBB telah mencoba memulai sistem Fasilitas Pertukaran Kemanusiaan (HEF) untuk menukar jutaan dolar bantuan ke mata uang Afghanistan dalam upaya membendung krisis ekonomi. “Kami telah melihat kemajuan yang terbatas karena perlawanan oleh otoritas de facto. Ini adalah masalah yang tidak akan selesai dengan sendirinya,” kata Griffiths.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button