Internasional

Warga Irlandia Tawari Pengungsi Ukraina Tinggal di Kastil Abad 15

INDOPOSCO.ID – Warga Irlandia Barry Haughian dan istrinya memutuskan untuk menawarkan rumah kedua mereka, sebuah kastil abad ke-15 di Irlandia barat, kepada pengungsi Ukraina.

Keputusan itu dibuat setelah pasangan itu menyaksikan warga Ukraina melarikan diri dari negaranya tetapi tidak punya ruang untuk membantu mereka di rumah di Madrid, Spanyol.

Hari itu juga Haughian terbang menuju Polandia dan membuat akun Facebook pertamanya untuk menawarkan suaka. Saat pulang, dia mengajak 11 warga Ukraina asal Dnipro dan Zaporozhye dekat Mariupol ke Kastil Ballindooley.

“Kami mengalami kehancuran emosi selama lebih dari seminggu. Kami tidak yakin apa yang kami lakukan dan hanya membuat segalanya lebih baik bagi mereka,” kata Haughian yang tinggal di kastil empat lantai itu dengan istrinya, Lola, yang berasal dari Spanyol dan dua anak remajanya.

Baca Juga: Rusia Mulai Merangsek Sisi Timur Ukraina

“Jadi saat ini, setiap pekan keadaan menjadi lebih baik… Anda dapat melihat beban yang menghilang dari pundak mereka. Kami memiliki orang-orang yang mampir setiap waktu untuk membantu mereka. Ini benar-benar ‘céad míle fáilte’ (seratus ribu sambutan) dari orang-orang Irlandia,” katanya seperti dikutip Antara, Rabu (20/4/2022).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button